Mahasiswa UNDIP Membuat Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

rogram monodisiplin yang berjudul “Pelatihan pembuatan silase (pakan ternak) dari batang jagung setelah panen, menggunakan EM4, molases, dedak dan juga barel dengan proses Fermentasi Anaerob” dilaksanakan berupa kolaborasi dari KKN TIM 1 UNDIP dengan Ibu-Ibu PKK Dusun Basuhan, yang melibatkan 25 Ibu-Ibu PKK dari Dusun Basuhan. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dennis Mathew Jonathan selaku penggagas program.

Pada program monodisiplin yang sudah terlaksana, dijelaskan mengenai alat dan bahan, serta tahapan dalam membuat pakan ternak dari awal hingga akhir. Alat-alat yang digunakan diantaranya mesin pencacah, barel plastik, terpal, plastik sampah untuk menutup barel plastik, dan ember. Bahan yang digunakan meliputi EM4 (pakan ternak), dedak padi, molases (tetes tebu) dan juga batang jagung.

Langkah-langkah membuat silase yang pertama, mencacah batang jagung menggunakan mesin pencacah atau sabit. Kemudian isi ember dengan air sebanyak 2 liter, ditambahkan EM4 (5-6 tutup botol EM4) serta molases (1 gelas minum) dan diaduk hingga merata. Kedua batang jagung yang sudah tercacah diletakkan di terpal selanjutnya percikan air campuran EM4 dan molase. Ketiga tebarkan dedak padi hingga merata pada setiap batang jagung. Setelah itu batang jagung dimasukkan ke dalam barel dan ditekan menggunakan kaki, kemudian tutup barel. Sebelum ditutup, barel dilapisi plastik agar tidak ada udara yang masuk di batang jagung. Tunggu selama 2 minggu. Untuk mengetahui ciri silase yang matang, ditandai dengan warna hijau kecoklatan, bau aroma asam segar, tekstur padat, tidak lembek, juga tidak berlendir. Selama acara berlangsung ibu-ibu PKK Dusun Basuhan mengikutinya dengan baik dan penuh antusias. Setelah acara pun dilakukan percobaan memberi makan ke sapi dan kambing oleh ibu-ibu PKK.
Penulis : Dennis Mathew Jonathan (Teknik Kimia 2019)

Link : https://kumparan.com/dennisjonathan1951/wah-mahasiswa-undip-membuat-pelatihan-pembuatan-pakan-ternak-dari-batang-jagung-1znSlHb5k4k/full

Komentar