Minyak Rajas Obat Mujarab Untuk Penyakit Ternak

Oleh Ketut Sutika

Dua ekor  sapi piaraan yang sedang makan rumput di kandangnya tampak jinak, bulunya halus mengkilap, kulitnya bersih, terhindar dari hinggapan lalat, padahal punggung sapi pada umumnya selalu diinggapi puluh bahkan ratusan lalat.

Kedua sapi jantan bulu warna hitam  setelah dimandikan,  selalu dioleskan dengan Minyak Rajas secara merata di bagian punggungnya, selain menyuburkan bulu sapi dan mengkilap yang dapat menjadikan ternak itu jinak yang sebelumnya giras (rengas), tutur Ketut Kanji (65 tahun), seorang peternak sapi di Desa Marga, Kabupaten Tabanan.

Pensiunan seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang sejak masih aktif dinas  di sebuah kantor pemerintah di  Kecamatan Marga itu, selalu memelihara dua ekor sapi sebagai “resep” untuk selalu sehat dan bersemangat, karena di luar kantor,  masih mempunyai aktivitas rutin untuk menyabit rumput, mencari hijauan makanan ternak.

Pihaknya sudah lama mengenal dan menggunakan Minyak Rajas. Obat mujarab untuk mengatasi penyakit ternak dan hewan kesayangan lainnya. Pernah produk tersebut langka di pasaran, namun belakangan ini kembali  lancar dan mudah diperoleh.

Kakek dari sejumlah cucu yang  tampak sehat dan  enerjik di usia senjanya itu tetap memelihara sapi hingga sekarang dan mengaku selalu memiliki persediaan Minyak Rajas. Selain itu sapi juga  sangat ampuh  untuk menyembuhkan berbagai penyakit ternak dan hewan yang mengalami sakit maupun gangguan.

Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr ketika membuka webinar Teknologi Effective Microorganisme (EM) ke-4   mengusung tema “Teknologi EM untuk Peternakan dan  Beternak secara organik, baru-baru ini  sempat  mempromosilkan Minyak Rajas kepada peserta lintas nusantara.

Obat alami produksi PT Songgolangit Persada  itu sebenarnya sudah diketemukan tahun 2000, namun baru fokus mengurus izini kini sudah mengantongi izin edar. Minyak Rajas dapat membantu  mengobati penyakit kulit pada hewan, peradangan pada kulit hewan, mengobati luka lama maupun luka baru dan membantu menguatkan otot ayam aduan.

Minyak Rajas adalah produk minyak herbal dari Pak Oles  untuk  ternak dan hewan kesayangan, terbuat  dari ekstrak jahe, kunyit, akar lalang, daun sirih, temu hitam, bangle, yang difermentasi dengan teknologi Effective Microorganisme (EM).

Minyak Rajas dapat digunakan, antara lain  untuk mengobati sakit kulit pada anjing, kucing, kelinci, ayam dan burung.  Ayam yang sakit kurap akibat kutu pada jengger, kaki dan bagian mulutnya bisa diolesi dengan Minyak Rajas.

Pengobatan Minyak Rajas pada ayam yang mengidap sakit kurap selama 1 minggu bisa menyembuhkan penyakitnya.  Kandungan antioksidan di dalam Minyak Rajas merontokkan kurap menjadi kering. Sakit kurap pada ayam bisa menulari ayam lain. 

Untuk itu kebersihan kandang harus terus dijaga, dan ayam kesayangan juga harus sering dimandikan dan dijaga kebersihannya. Setelah memandikan ayam, bagian tubuh yang kurap dioles dengan minyak Rajas untuk merawat kesehatan kulit dan bulunya agar sehat.

Ulat Langsung Mati

Komang Suryani, wanita kelahiran Desa Manggis, Kabupaten Karangaem menyaksikan ibunya mengobati ternak induk babi (bangkung) yang mengalami luka parah pada  bagian lehernya akibat ikatan tali hingga sempat diingapi lalat dan ulat, dalam hitungan kurang dari seminggu luka tersebut sudah kering.

Saat bagian tubuh babi yang  luka  itu dioleskan minyak Rajas menggunakan kuas, ulat-ulat kecil yang menempel pada bagian luka  langsung berjatuhan dan lalat juga  tidak berani lagi mendekat, dalam waktu singkat luka itu kering dan sembuh.

Komang Suryani, pegawai konter Pak Oles di Jalan Letda Kajeng N0.21 Denpasar itu mengaku  sengaja membawakan ibunya Minyak Rajas ketika pulang kampung, karena ternak piaraannya yakni induk babi yang diikat  pada bagian lehernya agar tidak berkeliaran itu mengalami luka parah.

Dengan sentuhan minyak Rajas, luka pada ternak babi itu cepat dapat  disembuhkan, sehingga penyakit yang dialaminya itu tidak lagi mengganggu kehidupannya dalam menyusui sejumlah anaknya (kucit).

Sosok seorang ibu dari dua putra-putri juga mempunyai pengamanan dalam menggunakan minyak Raja untuk mengobati anjing piaraannya yang biasa dipanggil Si Kelly.Si Kelly mengalami gatal-gatal di sekucur tubuhnya sampai mengakibatkan bulunya rontok dan mengalami luka-luka akibat terus digaruk dengan menggunakan kaki maupun mulutnya. Si Kelly, hewan kesayangan bagi kedua putra-putrinya itu diobati dengan Minyak Rajas syukur sekarang sudah sembuh dan bulunya mulai tumbuh lagi.

Komang Suryani yang keseharian menjaga konter Pak Oles menjelaskan, Minyak Rajas

kini  mulai diminati konsumen, karena ada saja saja  yang membeli hampir setiap hari  dalam sebulan belakangan ini.Konsumen yang  datang  dari berbagai daerah di Bali, terutama Kota Denpasar, karena lokasi konter yang  mudah dijangkau  di jalur  utama  dari Kereneng menuju kawasan perkantoran Niti Mandala Renon.

Mereka juga membeli Ramuan Pak Oles lainnya seperti Minyak Oles Bokashi, Bokashi Care, madu, berbagai jenis varian teh herbal, disamping pupuk Bokashi Kotaku, Tanah subur dan EM4, tutur Komang Suryani. linktr.ee/pakolescom

Komentar