Tim MBKM FMIPA Kembangkan Pakan Unggas Fermentasi Desa Rejomulyo

Tim MBKM BKP Membangun Desa dari Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung (Unila) telah berhasil melaksanakan kegiatan pembuatan pakan unggas fermentasi dalam rangka mendukung program pembangunan di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.
Kegiatan merupakan bagian dari program MBKM BKP Membangun Desa yang bertujuan mengasah soft skill kemitraan, kolaborasi lintas disiplin, dan kepemimpinan mahasiswa.

Pendampingan dilakukan selama tiga bulan dengan fokus pada pembuatan Pakan Unggas Fermentasi. Lokasi kegiatan berlangsung di lahan ternak ayam dan itik serati (entok) di Desa Rejomulyo.Salah satu tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menghemat biaya pakan ternak dan mengurangi kadar kimia pada pakan tersebut.

Pakan unggas fermentasi menggunakan bahan-bahan alami, seperti sayuran hijau (kangkung, bayam, dll.), bekatul, dan campuran EM4 Peternakan serta molase yang telah difermentasi selama tiga hari. Proses fermentasi ini melibatkan enzim mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, yang membantu mengubah struktur kimia pakan.

Dengan penggunaan pakan fermentasi, diharapkan kualitas ternak unggas dapat ditingkatkan secara alami dan sehat. Selain itu, program ini diharapkan dapat menghemat biaya pembelian pakan ternak dan menciptakan pakan yang bebas kimia, memberikan dampak positif pada ekonomi masyarakat Desa Rejomulyo.

Link: https://www.unila.ac.id/tim-mbkm-fmipa-kembangkan-pakan.../

Komentar