Mahasiswa KKN UMBY Semprot Kandang Kambing Gunakan EM4

Gigih dan semangat. Itulah yang diperlihatkan Kelompok 20 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) saat melakukan pengabdian kepada masyarakat Dusun Mranggen, Desa Bandarsedayu, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Selama KKN, mahasiswa dari berbagai fakultas ini total mengabdikan pikiran dan tenaga untuk kepentingan masyarakat, Salah satu aksi yang baru saja dilakukan adalah membersihkan kandang ternak. Kegiatan tersebut bertujuan memberi edukasi kepada para peternak. Seperti yang siarkan web zonajogja.com.

“Kandang yang bersih akan membuat hewan ternak merasa nyaman. Tidak mudah stres, dan sehat,” kata Koordinator Program Kerja, Al Jihad Ali. Tentu saja, aksi Kelompok 20 KKN UMBY disambut baik oleh penduduk setempat.

Fajar, misalnya yang telah beternak sejak 2 tahun ini mengaku membersihkan kandang ternak kambing dua kali dalam setahun. “Pembersihan kandang biasanya saya lakukan setiap 6 bulan sekali dalam setahun,” ujarnya.

Ia mengakui, kandang yang berada di tengah pemukiman itu kadang menebar bau tak sedap di kampung. Pasalnya, kotoran ternak tertimbun selama 6 bulan. Pada kegiatan ini, mahasiswa melakukan penyemprotan kandang dengan menggunakan EM4 Peternakan (efektivitas mikroorganisme 4).

Penyemprotan kandang kambing menggunakan EM4. Cairan ini mengandung bakteri menguntungkan. Sedangkan rodalon merupakan antiseptik desinfektan yang sangat ampuh membersihkan kandang ternak.

Selain membuat kambing nyaman dan tidak stres, penyemprotan kandang juga untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan kambing.
Pembersihan kandang juga berdampak pada kesehatan kambing. Melindungi kambing dari sinar matahari yang berlebihan, angin, dan hujan.https://linktr.ee/em4

Komentar