Sukses Kembangkan Bibit Cabai Dengan Teknologi EM

 

I https://www.youtube.com/watch?v=0twz9PRqBlc

Wayan Radi (51) merupakan salah seorang petani yang sukses mengembangkan bibit cabai dengan Teknologi Effective Microorganisms (EM) dan pupuk organik Bokashi Kotaku di Banjar Langkan, Desa Landih, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Radi mengatakan sudah 10 tahun membudidayakan bibit cabai lokal yang dikembangkan dengan metode rumah kaca (green house). “Saya sudah 10 tahun mengembangkan bibit cabai namun sejak 8 tahun baru menggunakan EM4 dan Pupuk Bokashi Kotaku atas saran petani sekitar,” ujar sosok pria enerjik yang biasa dipanggil Pak Ita.

Saat tim Youtube EM Indonesia berkungjung ke lokasi Pak Ita nampak sedang sibuk melakukan pembibitan cabai dibantu seorang pekerja. Lahan pembibitan cabai yang menggunakan sitem rumah kaca tertata rapi disejumlah tempat disekitar rumahnya.

Dalam satu bedeng tempat penyemaian cabai yang memiliki panjang 8 meter ditaburi tanah sebanyak 8 karung dan disemprot mengunakan EM4, setelah rata lalu ditambah dengan pupuk organik Bokashi Kotaku sebanyak 3 karung. Setelah itu tanah dan pupuk dicampur  secara merata dan benih cabai siap disemai.

Suami dari Ni Wayan Siram (46) mengatakan sejak mengunakan EM4 dan Pupuk Bokashi Kotaku pertumbuhan dan perkembangan bibit cabainya sangat bagus. Sehingga banyak petani yang pembeli baik dari lingkungan sekitar maupun kabupaten lain yang memilih bibit cabainya.

“Selain petani dari desa sekitar juga ada dari kabupaten lain seperti Kabupaten Klungkung yang datang membeli bibit cabai kami, karena bibit subur, pertumbuhan bagus dan tahan penyakit itu menjadi salah satu alasan pembeli,” ujar ayah yang memiliki dua orang anak ini.

Pak Ita mengatakan bibit cabai yang memiliki tinggi 15 cm dijual perpohon Rp 200. Untuk pemasaran lebih banyak dari mulut ke mulut tidak menggunakan media sosial yang lagi trend saat ini. “Selain petani langsung datang membeli ke sini, ada juga yang memesan untuk dibuatkan bibit cabai sesuai permintaanya, jadi kami tetap melayani konsumen dengan senang hati,” tutupnya.

Kelebihan penggunaan pupuk Bokashi Kotaku adalah tanaman subur dan tahan terhadap hama dan penyakit. Hal ini karena Pupuk Bokashi Kotaku bentuknya halus, sehingga meningkatkan kegemburaan tanah, mengandung unsur hara makro, mikro dan menekan patogen atau penyakit. Sehingga menghasilkan bibit cabe dengan pertumbuhan kuat, seragam, kokoh dan sehat. linktr.ee/pakolescom

Komentar