Pupuk Organik Solusi Semakin Mahalnya Pupuk Kimia

upuk organik menjadi salah satu solusi bagi petani dalam menyiasati semakin mahalnya pupuk dan pestisida kimia dalam melanjutkan usaha pertanian.

“Pupuk organik sentuhan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) selain harganya yang sangat murah dan terjangkau petani, juga dapat membenahi lahan pertanian yang kualitasnya menurun akibat penggunaan bahan kimia secara terus menerus,” kata pembicara utama Rizali Anshar, SST. MM, pada Webinar mengusung tema “Tanaman Subur dan Lebat Tanpa Boros Biaya” melibatkan ratusan peserta lintas nusantara.

Rizali Anshar, SST. MM adalah seorang Penyuluh Pertanian di Kalimantan Selatan sekaligus  pemilik channel youtube Penyuluh Pertanian Lapangan yang memiliki ribuan pengikut.

PT Songgolangit Persada, agen tunggal yang memproduksi dan menjual EM4 pertanian, EM4 Perikanan, EM4 Peternakan dan EM4 limbah ke seluruh daerah di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang, dalam Webinar kali ini berkolaborasi dengan Rizali Anshar.

Rizali Anshar menjelaskan, satu liter EM4 pertanian dalam kemasan botol warna kuning dibeli dari kios pertanian di sekitar rumahnya untuk keperluan fermentasi pupuk organik yang mampu menghasilkan satu ton (1.000 kg)

Pupuk organik yang difermentasi dari limbah pertanian sampah, kotoran ternak dan lain-lain yang mudah terurai dengan sentuhan EM, mutunya tidak kalah dengan pupuk kimia, bahkan mampu mengembalikan kesuburan tanah.

EM4 untuk fermentasi pupuk organik merupakan perangsang tumbuh paling kuat diantara  bioaktivator Jenis lainnya. Bioaktivator  EM4 yang harganya sangat terjangkau oleh seluruh petani di Indonesia itu diproduksi oleh PT Songgolangit Persada, dengan kemasan berwarna kuning yang khusus untuk tanaman pertanian. juga ada varian lain yakni EM4 perikanan (warna pink), EM4 peternakan (warna coklat) dan pengolahan limbah (WC) warna putih.

Rizali Anshar menjelaskan, dalam EM4 itu terdapat antara lain laktobacillus yakni bakteri probiotik yang baik mampu mengubah laktogin menjadi asam amino, asam nucleat, contoh olahan dari lactobacillus adalah yakult, keju dan lain sebagainya.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa ketika lactobacillus dimanfaatkan untuk pertanian, maka  lactobacillus akan menguraikan bahan-bahan material atau bahan organik menjadi lebih baik,  dan mengubahnya menjadi bahan bernutrisi tinggi.

Asam lakat yang dihasilkan juga dapat mempengaruhi lingkungan sekitar tanaman , dan dapat mengatasi perkembangan berberapa jenis bakteri yang merugikan tanaman tersebut.

Demikian pula bakteri saccharomyces yang terdapat dalam EM4 merupakan bateri dari golongan probiotik yang baik yang mampu mengubah glukasa menjadi alkohol dan Co2 atau yang biasa dikenal karbon dioksida. Roti misalnya adalah hasil olahan produksi pembuatannya dibantu oleh  bakteri saccharomyces.

Rizali Anshar menjelaskan dalam bidang pertanian bakteri saccharomyces sangat penting,  karena dapat membantu senyawa-senyawa tertentu yang sangat bermanfaat bagi tanaman seperti yang ditampilkan dalam video tayangan.

Ia mengaku dalam tayangan video tersebut menggunakan tape sebagai bioaktivator. Tape itu merupakan salah satu bahan olahan atau difermentasikan menggunakan ragi dan itu berarti bakteri saccharomyces lah yang berperan dalam pembuatan pupuk organik cair (POC). Itulah garis besar kandungan bakteri yang ada pada EM4 yakni lactobacillus dan bakteri saccharomyces. (putu Botol)  https://linktr.ee/em4

Komentar