Dr. Wididana: EM Teknologi Semakin Mantap Berkembang Di Indonesia.

Dr. Wididana, yang akrab dipanggil Pak Oles menyampaikan materi seminar dalam EM (Effective Mikroorganisms) Partnership Meeting di Bangkok, pada 25-28 Maret 2024, yang berjudul : Application of EM Technology in Indonesia since 1990 - 2024. Seminar yang disampaikan berlangsung 30 menit dan 20 menit diskusi, tanya jawab, ditanggapi antusias oleh seluruh peserta seminar.
Dr. Wididana menjelaskan sejarah awal Teknologi EM diperkenalkan di Indonesia, pada 1990, dari penelitian, pelatihan, uji coba lapangan, seminar, perizinan, pemasaran, pendirian usaha, mengembangkan usaha, jatuh bangun usaha, melanjutkan usaha, dan memaparkan visi usaha ke depan, untuk 10 tahun ke depan, serta bagaimana kiat dan strategi memenangkan usaha pupuk organik dengan Teknologi EM di tengah persaingan yang semakin ketat, materi pemaparan Dr. Wididana sangat menginspirasi seluruh peserta seminar, yang diikuti oleh 48 orang peserta dari 14 negara.
Di akhir acara seminar, Dr. Wididana diberikan piagam penghargaan sebagai pembicara terbaik, yang ditandatangani oleh Dr. Teruo Higa (EM Developer) dan Mr. Shin Higa (President of EMRO).
Mr. Keita Kojima dalam acara penutupan pertemuan mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sangat dalam kepada seluruh peserta atas keseriusan dan ketulusannya dalam mengembangkan Teknologi EM di masing-masing negaranya.
Pertemuan selanjutnya dijadwalkan dua tahun mendatang, pada 2026, di Bali. Seluruh peserta diharapkan bisa hadir dalam pertemuan mendatang, dan mempresentasikan hasil-hasil penerapan Teknologi EM untuk kemajuan masyarakat, pertanian dalam arti luas, kesehatan dan lingkungan. (Sumber Tulisan Facebook; Gede Ngurah Wididana Direktur Utama PT Songgolangit Persada)

Komentar