Cara Membuat Pupuk Cair dari Air

Penyuluhan dan edukasi mengenai pembuatan pupuk organik cair merupakan salah satu program kerja monodisiplin dari Tsabita Nur Alifa, selaku mahasiswa KKN TIM 1 2023/2024 Universitas Diponegoro yang berasal dari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.Program kerja ini ditujukan kepada Ibu-Ibu PKK, Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Program kerja penyuluhan yang dilakukan mengenai pembuatan pupuk organik cair dengan program yang berjudul “Edukasi dan Pelatihan Mengenai Pembuatan Pupuk Cair yang Berasal dari Air Cucian Beras”.

Penyuluhan ini menjelaskan proses pengolahan bekas air cucian beras menjadi pupuk organik cair, yang merupakan cairan berbahan organik yang telah melalui proses fermentasi dengan teknologi Em4 agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh tanaman. Selain itu, dalam program ini juga dijelaskan cara membuat fermentor atau media fermentasi sederhana, serta proses fermentasinya. Selain itu, dijelaskan juga cara pengaplikasian pupuk organik cair dan manfaat yang diperoleh dari penggunaannya.
Harapannya dengan program ini dapat membantu masyarakat untuk peduli dengan limbah-limbah organik dan mengolahnya lebih lanjut, sehingga bermanfaat dan memiliki nilai jual. Kemudian juga tanaman yang diaplikasikan dengan POC ini dapat menuai hasil yang baik.

Penulis: Tsabita Nur Alifa
Jurusan: Teknik Kimia
Fakultas: Teknik

Link: https://www.campusnesia.co.id/2024/02/transformasi-limbah-menjadi-berkah.html

Komentar