Kacang Panjang Berbuah lebat Berkat EM4

Kacang Panjang merupakan tanaman yang mudah tumbuh diberbagai jenis lahan, baik lahan sawah, tegalan bahkan pekarangan rumah. Kacang Panjang merupakan tanaman semusim bersufat memanjat dan membelit serta dapat ditanam  setiap saat. Di tanah yang subur tanaman ini akan sehat apalagi jika dioleh tanahnya dengan teknologi EM4.

Tanah yang subur merupakan sarat agar budidaya kacang Panjang tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan kacanhg Panjang yang besar dan berkualitas. Jadi setelah bedengan dibuat pada tahap pertama, kemudian siapkan pupuk bokashi yang sudah difermentasi dengan EM4 . Bahkan kata Trisno  yang memiliki lahan 300 m2di Desa Donorejo Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah,  sebenarnya tidak hanya ketika bedengan jadi penaburan pupuk dilakukan namun sebelum bedengan jadipun  bisa melakukannya. ‘’Berikan pupuk kandang atau pupuk Bokashi EM4 yang sudah matang, jangan coba-coba memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos yang belum jadi atau belum matang, karena akan berdampak buruk pada tanaman, Jika memberikan pupuk kandang saya sarankan campurkan semua kotoran yang ada jangan satu jenis saja seperti : kohe ayam, sapi, kambing, atau kelinci. Jangan memberikan hanya satu jenis saja dan harus difermentasi,’’ katanya.

Perawatan yang harus diperhatikan adalah penyiraman atau pengairan. Pada lahan beririgasi penyiraman bisa dilakukan dengan menggenangi lahan dengan air. Setelah tanah dirasa lembab, air dikeluarkan lagi. Pada lahan tadah hujan, terutama saat awal pertumbuhan benih, penyiraman harus dilakukan secara manual. Pemupukan dilakukan pada kacang panjang berusia 15 – 20 hari, berikan pupuk bokashi 1 – 2 kilo, Cara memberikan pupuk cukup dengan memberikan di sekitar tanamannya saja. Tutup kembali setelah anda memberikan pupuk bokashi kedalam bedengan dengan tanah.***

Komentar