Studi Banding Siswa dan Guru SMK Bina Nusa Slawi ke Bali

SMK Bina Nusa - Slawi Tegal mengunjungi Bali untuk melakukan Studi Banding kunjungan industri yang relevan dengan program keahlian dan mengenal lebih dalam teknologi EM4 (Effective Mikroorganisms 4).
Tujuan kedatangan diantaranya adalah mengetahui apakah ada kesamaan/perbedaan kegiatan belajar yang sudah dilakukan di sekolah dengan tempat kunjungan. Kedua meningkatkan sumber daya manusia sehingga siswa bisa menerangkan nantinya di dunia lapangan pekerjaan setelah lulus dari sekolah.
Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang dapat diakses. Perkembangan teknologi pada pertanian sudah terangkum pada bioteknologi pertanian. Salah satu penerapan bioteknologi pada pertanian yaitu adanya teknologi EM4 yang membantu menciptakan pertanian yang ramah lingkungan.
Teknologi EM4 menjadi terobosan bioteknologi pertanian dalam bentuk larutan yang mengandung banyak bakteri baik untuk tanah dan tanaman.
Teknologi EM4 biasa digunakan sebagai aktivator untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik serta meningkatkan kualitasnya.
Aplikasi EM4 bisa diterapkan pada hampir semua subsektor agrikultur yang meliputi pertanian, peternakan, perikanan dan tambak serta pengolahan limbah dan toilet.
Penggunaan EM4 sangat populer dalam meningkatkan produksi tanaman. Tidak hanya pada tanaman saja, penggunaan EM4 juga bisa digunakan untuk hewan ternak supaya tumbuh sehat dan besar seperti semua jenis ayam, bebek, sapi, domba, babi, kambing, dan lainnya.
Fungsi selanjutnya EM4 pada perikanan dan tambak yang diterapkan dalam air kolam dan tambak yang menjadi tempat budidaya ikan, lele, udang adalah mampu menjaga mikroorganisme baik dan membunuh patogen penyakit dan meningkatkan kualitas ikan beserta lingkungannya.
Dengan menggunakan EM 4, berarti telah berupaya untuk menciptakan ketahanan lingkungan berkelanjutan.
Pilih EM4 Yang Sudah Pasti.
#em4 #berkelanjutan #em4pertanian #em4peternakan #studibanding #em4perikanandantambak #em4toilet #em4limbah #smkbinanusaslawi

Komentar