EM4 Perikanan Solusi Budidaya Ikan Nila

EM4 Perikanan merupakan probiotik yang tepat untuk budidaya ikan nila. Pasalnya EM4 adalah larutan yang mengandung berbagai mikroorganisme berupa bakteri menguntungkan, mikroorganisme ini bisa bekerja secara efektif dalam fermentasi bahan organik untuk pakan ikan nila. Karena itu, EM4 memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik, menekan pertumbuhan patogen penyakit dan untuk menstimulasi enzim pencernaan ikan nila. Dengan kata lain, EM4 disebut juga dengan probiotik. Probiotik bisa membantu meningkatkan produktivitas ikan, kemudian juga menghasilkan enzim yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan, serta mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat di sistem pencernaan ikan dan mencegah penyakit.

Pak Yoyo (50) seorang peternak yang tergabung dalam kelompok ‘Mina Cika Sejahtera’ di Desa Wates Magelang Utara Jawa Tengah sangat menyadari itu bahwa EM4 Sosuli dalam budidaya Ikan Nila.

Kelompok Peternak ikan nila ini merupakan binaan Dinas Perikanan dan menjadi desa percontohan budidaya ikan nila. Ada 24 kolam yang luas masing-masing kolamnya sekitar 5 x 8 yang disi 1000 ikan nila. Kelompok Peternak ikan Nil aini terdiri dari Kelompok PKK, Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT) dan Karang Taruna.    

Menurut Yoyo, banyak produk yang sudah dicoba tapi hanya EM4 yang bersahabat harganya sehingga memberikan keuntungan yang lumayan. Ikan terus terjaga kesehatannya dan  jarang sekali terkena penyakit yang membahayakan bagi ikan karena kondisi kolam yang sehat bebas dari penyakit karena perlakuan EM4 pada lahan budidaya.

Sebegaimana diketahui, EM4 Perikanan memang sangat efektif menjaga ikan tetap sehat. Karena fungsi EM4 Perikanan itu adalah untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik, menekan pertumbuhan bakteri pathogen, menstimulasi enzim pencernaan dan meningkatkan kualitas air pada lahan budidaya. Itu itu EM4 perikanan berfungsi mempertahanan tubuh ikan serta meningkatkan pertumbuhan ikan serta meningkatkan imunostimulan atau daya tahan ikan sehingga mengurangi penggunaan Antibiotik.’’Tak hanya itu EM4 juga memfermentasi sisa pakan, kotoran, di dasar kolam serta meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak diperlukan penggantian air berulang-ulang. Serta menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfide dan ramah lingkungan.***

Komentar