Pakan Ayam Kampung yang Murah Tapi Berkualitas, Cukup Menggunakan EM4

Setiap peternak ayam baik skala besar maupun skala kecil pasti akan dihadapkan dengan masalah harga pakan ternak yang tergolong tidak murah. Ada saja cara orang untuk membuat pakan alternatif agar ayam yang mereka pelihara bisa terjaga kesehatannya dan tetap berproduksi dengan baik.
Ketika beternak ayam, peternak masing-masing memiliki tujuan baik dari segi daging telur dan juga DOC. Pakan alternatif yang bisa kita buat adalah dengan menggunakan dedak atau bekatul yang harganya sangat murah.

Namun jika ingin mengejar bobot maka kita tidak bisa hanya mengharapkan pakan ternak yang bersumber dari beda atau bekatul ini. Bekatul atau dedak hanya mengandung protein sebesar 12% jadi akan menghambat pertumbuhan bobot pada ayam kampung. Untuk itu maka kita harus membuat fermentasi bekatul atau dedak dengan menggunakan bantuan EM4 peternakan dan air.

Untuk membuat fermentasi pakan ayam dengan bekatul dan EM4 ini. Berikut ulasannya:
Bahan-bahan :
1 kg dedak atau bekatul
2 tutup botol EM4 peternakan air secukupnya

Siapkan wadah dan masukkan 1 kg dedak atau bekatul di dalamnya.. Masukkan dua tutup botol EM4 peternakan dan siram dengan air. Aduk merata kemudian tutup rapat dan biarkan di tempat yang teduh selama 3 hari.

Setelah 3 hari maka pakan fermentasi siap diberikan kepada ayam kampung. Selain memberikan pakan fermentasi Kita juga bisa memberikan pakan campuran dari bekatul atau dedak yang diberikan nasi bekas atau sayur basi dicampur dengan EM4 peternakan secara langsung tanpa fermentasi.

Tujuan pemberian EM4 peternakan secara langsung agar kotoran ayam tidak terlalu bau menyengat sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar peternakan kita. Demikian cara membuat pakan

Link : http://www.suarabamega25.com/.../pakan-ayam-kampung-yang...

Komentar