Obati Ayam Lumpuh Dengan Minyak Rajas

Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang paling banyak dipelihara di pekarangan rumah, baik untuk konsumsi maupun sekedar hobi ayam aduan. Namun menjadi masalah serius bila terdapat ternak ayam yang dipelihara ada yang mengalami kelumpuhan sampai tidak bisa berjalan.

Hal tersebut yang dialamai oleh Wayan Gomboh (51) yang hobi memelihara sejumlah ayam kampung baik untuk dikonsumsi, keperluan upacara agama dan ayam aduan. Dalam beternak ayam, bapak yang memiliki dua orang anak ini tidak jarang melihat ayamnya mengalami kelumpuhan karena berbagai sebab.

Seperti anak ayam yang baru menetas kondisinya tidak sehat, akibat benturan di kandang/diinjak temannya, kondisi cuaca yang ekstrim dengan intensitas hujan tinggi, juga karena kondisi kandang terlalu sempit. “Bisa juga ayam menjadi lumpuh karena digigit oleh binatang kelabang atau kaki seribu,” ujar kakek dua orang cucu ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pria enerjik yang tinggal di Panjer, Denpasar ini biasanya mengeluarkan ayam lumpuh tersebut dan menaruhnya di atas bata merah yang telah ditumbuk kasar sambil dijemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu juga rutin mengurut kaki ayam sambil dipijat pelan menggunakan Minyak Rajas.

Dengan rutin menggunakan minyak herbal yang merupakan produk dari PT Songgolangit Persada ini, berangsur masalah lumpuh ternak ayamnya teratasi. Selain itu Minyak Rajas juga sering digunakan untuk memijat pangkal paha hingga bagian kaki ayam aduan yang dipeliharanya sehingga ototnya menjadi lebih kuat.

“Saya memelihara sejumlah ayam aduan jenis peru, grey dan sweater itu merupakan jenis ayam aduan yang sangat dikenal penghobi ayam dan memiliki harga yang cukup mahal. Jadi dengan Minyak Rajas ayam akan lebih kuat,” ujarnya.

Minyak Rajas merupakan minyak herbal untuk hewan, hasial dari ramuan beberapa tanaman berkhasiat obat yang difermentasi dengan EM (Effektive Microorganisms). Minyak Rajas dapat digunakan untuk membantu pengobatan pada hewan kesayangan dan hewan ternak.linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #minyakrajas

Komentar