Pertanian organik (6)

Oleh: Dr. Gede Ngurah Wididana.

Tujuan orang bertani organik adalah untuk mendapatkan manfaat: kesehatan lahir batin yang baik, lingkungan yang bersih dan lestari, serta ekonomi yang tumbuh. Dengan bertani organik, penggunaan pestisida kimia dan pupuk kimia menjadi berkurang, sampai tidak menggunakan sama sekali.

Pertanian organik memberikan efek kesehatan kepada petani dan konsumennya, menjadi sehat lahir batin, sehingga hidupnya bebas dari polusi zat-zat residu kimia. Makanan yang dimakan, air yang diminum, udara yang dihirup dalam kondisi sehat, sehingga petani, konsumen dan masyarakat mendapatkan kesehatan lahir dan batin yang baik.

Pertanian organik menyebabkan lingkungan tanah, air dan udara menjadi tidak tercemar polutan. Lingkungan yang sehat menjadikan hidup masyarakat menjadi sehat pula. Pertanian organik juga berfungsi untuk menghidupkan ekonomi. Produk-produk pertanian organik bisa dipasarkan, memiliki konsumen tersendiri untuk masyarakat yang cinta terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan, sebagai pemasok bahan baku organik untuk industri pengolahan hasil pertanian organik.

Pertanian organik mendukung pariwisata, pembangunan desa, pembangunan lingkungan bersih, dan lebih luas lagi untuk membangun mesin oksigen alam dari lingkungan bersih, yang menyehatkan, mendukung kerja industri kesehatan mewujudkan masyarakat sehat. *) Direktur Utama PT Songgolangit Persada. *) Direktur Utama PT Songgolangit Persada. linktr.ee/pakolescom

Komentar