EM4 Atasi Limbah Kelapa Sawit PT. Tasma Puja, Riau

Pengendalian pencemaran lingkungan telah menjadi konsen beberapa industri pengolahan CPO dan Inti Sawit. Salah satunya PT. Tasma Puja di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dengan menggunakan teknologi EM4, limbah kelapa sawit dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk organik baik cair maupun pupuk padat pada perkebunan tersebut. Selama ini, limbah yang dihasilkan dari industri CPO dan Inti Sawit ini sekitar 250 ton perbulan ini, sangat memusingkan pihak pengelola.

Pasalnya, limbah yang mengandung BOD dan COD tinggi ini, sulit untuk dibuang. Kalau dipaksakan dibuang ke sungai, tentunya sangat mencemari lingkungan hingga menimbulkan kematian pada satwa-satwa yang ada di sungai. Dan tak hanya itu, limbah tersebut juga akan mengganggu kesehatan manusia yang kesehariannya menggunakan sungai sebagai sanitasi. Untuk menjadikan limbah menjadi kompos, butuh enam bulan untuk mengendapkannya.

Selain memakan waktu lama, limbah ini juga menimbulkan bau yang tidak sedap karena timbul gas berbahaya seperti H2S, amoniak dan lainnya. Karena itulah, distributor PT. Songgolangit kawasan Sumatera, Muliadi memperkenalkan EM4 untuk mengatasi persoalan yang dihadapi PT.Tasma Puja tersebut. ’’Dengan aplikasi EM4, khususnya pada dibidang limbah, persoalan lingkungan ini bisa teratasi,’’ kata Muliadi.

Memang kata Muliadi, masalah limbah ini memerlukan penanganan dan pengelolaan secara serius dan mutlak dilakukan. Beberapa industri kelapa sawit terutama PTPN di Kabupaten Asahan Sumatera Utara sudah menggunakan EM4 sebagai penurun kadar BOD dan COD. ‘’Penggunaan EM4 sangat efektif untuk menghilangkan bau dengan menangkap H2S dan NH3 dengan mengubahnya menjadi senyawa yang tidak berbau. Kemudian EM4 juga mampu mempercepat proses penguraian lemak sehingga larut bersama air limbah,’’katanya. Terpenting lanjut Muliadi, EM4 ini mampu menurunkan kadar BOD dan COD sehingga air limbah yang telah diolah dapat dimanfaatkan kembali dan tidak membahayakan kesehatan mahluk lain jika dibuang ke pembuangan seperti sungai. (A)

Komentar