Pupuk Bokashi Tingkatkan Pertumbuhan dan Produksi Tanaman

Bahan organik kaya akan sumber hayati (Bokashi) sentuhan Effective Microorganisms (EM) mempunyai peranan strategis terhadap pertumbuhan, meningkatkan kesuburan dan produksi semua jenis tanaman pertanian, perkebunan dan hortikultura.

“Pupuk Bokashi sentuhan EM padaprinsipnya mempunyai peranan yang sama dengan pupuk organik lainnya seperti kompos,” kata Instruktur EM pada Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali, Ir. Gusti Ketut Riksa.

Ia yang juga staf Ahli PT Songgolangit Persada, agen tunggal di Indonesia untuk memperoduksi dan menjual EM4 pertanian, EM4 perikanan, EM4 peternakan, EM4 limbah ke keseluruh daerah di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang.

Pupuk Bokashi EM pengaruhnya cepat berkat adanya penambahan mikroorganisme efektif. Bokashi dapat dimanfaatkan 3-14 hari setelah perlakuan (fermentasi).

Bokashi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman, meskipun bahan organiknya belum terurai seperti pada kompos.

Jika bokashi dimasukan ke dalam tanah, bahan organiknya dapat dimanfaatkan  sebagai pakan oleh mikroorganisme efektif untuk berkembang biak dalam tanah, sekaligus sebagai tambahan persediaan unsur hara bagi tanaman.

Gusti Ketut Riksa menambahkan, EM yang digunakan untuk membuat bokashi sangat berguna untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, sekaligus  menekan pertumbuhan hama dan penyakit yang merugikan tanaman.

Dengan demikian penggunaan pupuk bokasi EM secara langsung maupun tidak langsung sangat baik terhadap pertumbuhan tanaman pertanian termasuk padi, palawija dan sayuran, harap Gusti Ketut Riksa.https://linktr.ee/em4

Komentar