Puas Aplikasi EM4 di Tanaman Cabe

Budidaya tanaman cabai dengan teknologi EM4, cukup mendapat respon masyarakat Desa Margowangsan, Kecamatan Sawangan Magelang Jawa Tengah cukup tinggi. Setidaknya EM4 menjadi rujukan para petani di desa tersebut dalam membuat kompos padat maupun cair. ‘’Tinggal bagaimana meyakinkan petani agar beralih ke pertanian organik serta tidak menggunakan menggunakan pupuk kimia,’’jelas Kepala Cabang PT. Songgolangit untuk wilayah Magelang Jawa Tengah, Sarmo Saputro.
Menurut Sarmo, sebenarnya masyarakat sudah tidak asing lagi dengan teknologi EM4, namun untuk merubah kebiasaaan petani yang selalu menggunakan pupuk kimia, sangat sukar sekali. ‘’Mudah-mudahan dengan hasil yang maksimal, petani yakin dengan EM4 untuk memfermentasi bahan bahan organik yang melimpah di kawasan ini,’’katanya.
Memang kalau diamati penggunaan EM4 pada tanaman cabai milik Harsanto (50) cukup melegakan hati. Pasalnya, cabai yang sudah siap panen cukup besar-benar, segar-segar dan hasilnya cukup berlimpah. Harsanto merasa puas dengan hasil yang didapatkannya bahkan dia menghimbau agar para petani cabai menggunakan EM4 karena proses fermentasinya yang cepat dan hasilnya sangat membantu dalam pertumbuhan tanaman cabai.***

Komentar