Pelatihan Pembuatan Pakan Silase Untuk Ruminansia

Kampung Klasmelek Kec. Aimas Kab. Sorong Prov. Papua Barat merupakan salah satu kampung yang menjadi sasaran sosialisasi dan pelatihan pembuatan pakan silase yang dilaksanakan pada tanggal 08 September 2020 untuk ternak ruminansia besar dan ruminansia kecil sebagai salah satu pengabdian dosen kepada masyarakat. Beberapa hal yang menjadi kendala bagi peternak di kampung Klasmelek yaitu kurangnya pakan hijauan ketika musim kemarau datang.

Tiga jam merupakan waktu yang sangat singkat tetapi sosialisasi dan pelatihan ini sangat berkesan dan membuat para peternak di kampung klasmelek merasa senang dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan pembuatan pakan silase dilatih oleh dosen peternakan. Rinda Septiningrum selaku salah satu perwakilan mahasiswa program studi peternakan menyampaikan bahwa dirinya senang dan bangga dengan para peternak di kampung klasmelek “Saya sangat senang dan bangga dengan para peternak di kampung Klasmelek karena mereka ingin tahu bagaimana proses pembuatan pakan silase, bahkan mereka langsung ikut mempraktikan pembuatan pakan silase.” tutur Rinda.

Achmad Guntur, M.Sc. sebagai ketua program studi peternakan sekaligus pemateri juga turut hadir pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut, dalam mensosialisasikan dan melakukan pelatihan kepada peternak tentang pembuatan pakan silase untuk ternak ruminansia besar dan kecil beliau menyampaikan bahwa, peternak di kampung klasmelek ini sangat antusias untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan pembuatan pakan silase ini.

“Sebenarnya peternak di kampung klasmelek bisa pintar dan memiliki kemauan untuk belajar tentang dunia peternakan, namun kurangnya pemahaman tentang ilmu peternakan, sehingga pada peternak belum bisa kembangkan usaha mereka dalam bidang peternakan. Tutur Guntur

Achmad Guntur berkomitmen untuk kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini akan terus diupayakan agar tetap dilaksanakan sampai peternak mampu mandiri dalam mengelola usaha peternakan meraka secara mandiri.

Link : https://peternakan.unimudasorong.ac.id/artikel/sosialisasi-dan-pelatihan-pembuatan-pakan-silase-untuk-ruminansia-besar-dan-kecil-di-kampung-klasmelek

Komentar