EM4 Penyebarannya Merata di Jawa Timur

Penyaluran pupuk hayati Effective Microorganisms4 (EM4) pertanian merupakan paling banyak diantara tiga jenis EM lainnya di Provinsi Jawa Timur yang memiliki wilayah cukup luas yakni mencapai 38 kabupaten/kota.

“Menyusul penyaluran EM4 perikan dan peternakan yang selisih sekitar 10 persen dari EM4 pertanian, sementara EM limbah masih relatif kecil,” kata Kepala Cabang Pemasaran PT Songgolangit Persada Jawa Timur, Ali Mafuk ketika menerima kunjungan tim youtube EM Indonesia Official.

Ia mengatakan, penyaluran EM4 yang menjangkau hingga pelosok perdesaan di Jawa Timur itu berkat peranserta dan dukungan sebagian besar toko dan kios pertanian menyalurkan dan menjual EM4 sebagai upaya mendukung pengembangan pertanian organik.

Sentra pengembangan peternakan dan perikanan di Jawa Timur adalah Banyuwangi, Tuban dan daerah sekitarnya sehingga penyaluran EM juga memprioritaskan daerah itu, bahkan gudang EM juga ada di daerah tersebut.

“Pengenalan EM perikanan dan tambak kepada pembudidaya ikan dan udang itu awalnya melalui teman yang biasa membuat kincir angin (oksigen udang),”tutur Ali Mafuk yang hampir seperempat abad bergerak dalam penyaluran EM.

Begitu pembudidaya ikan dan udang diberitahu tentang EM4 perikanan dan tambak, mereka umumnya sudah mengetahui manfaat EM4 perikanan dan tambak.

Dengan demikian untuk mengenal EM4 perikan kepada pembudidaya ikan dan udang di Jawa Timur tidak terlalu sulit, karena mereka segera menerapkan, sebab pengaplikasinya sangat mudah.

EM4 perikanan dan tambak adalah kultur mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air tambak secara efektif, sekaligus meningkatkan hasil produksi ikan dan udang.

EM4 perikanan dalam kemasan satu liter botol berwarna pink dapat memperbaiki mutu air, meningkatkan pertumbuhan dan size dari ikan dan udang.

Selain itu juga dapat menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat, menekan mikroorganisme patogen membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, menekan hama dan penyakit yang terdapat dalam tambak.

Untuk pengolahan tanah dasar tambak setelah tanah dikeringkan dan dicangkul atau dibajak, rendam dengan air sedalam 20 cm kemudian disiram dengan EM4 sebanyak 6 liter per hektar, biarkan selama  4-7 hari dan kemuadian keringkan kembali selama 4 hari.

Pada masa pemeliharaan setelah benur berumur 1 bulan, siram EM4 sebanyak 1-3 ppm/minggu/hektar atau pada saat penggantian air sesuai dengan kondisi. https://linktr.ee/em4

Komentar