SLP Jakarta Bina Kelompok Tani Jati Mas Garut

PT. Songgolangit Persada (SLP) Jakarta melakukan kunjungan ke petani di desa Jati Garut Jawa Barat. Kunjungan ini merupakan bagian dari pembinaan dan pendampingan pada kelompok tani khususnya pengguna EM4 pada budidaya pertanian.

Dalam pembinaan kali ini Tim SLP berdiskusi dengan kelompok tani Jati Mas membahas masalah - masalah yang dihadapi oleh petani,beberapa diantaranya mengenai aplikasi EM4 serta penerapannya dalam budidaya padi semi organik untuk menghasilkan padi sehat. Tim Ahli SLP dihadirkan dalam kegiatan ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani untuk lebih yakin dapat menghasilkan komoditas pertanian sehat dengan teknologi EM4.

“Untuk  aplikasi EM4, akang akang sudah pasti ahlinya, untuk menghasilkan seratus persen padi organik memang butuh proses panjang, terlebih beberapa petani  masih ada yang menggunakan pupuk kimia, saat ini yang terbaik adalah menghasilkan padi sehat,”terang Ivan Aryadi dari Tim SLP Jakarta.

 Menghasilkan padi sehat dapat dilakukan melalui budidaya tanaman sehat, yaitu melalui perbaikan kesuburan tanah, pengolahan tanah yang tepat, penggunaan varietas unggul, dan pengendalian hama secara bijak. Guna menghasilkan tanaman sehat pada komoditas padi,  pupuk dan pestisida kimia  bisa dikurangi pelahan dan beralih  organik

 Andri Susilo, Ketua kelompok Tani Jati Mas mengatakan petani di kelompok Tani Jati Mas sudah lama mengenal dan menggunakan EM4 pada budidaya tanaman, hasilnya cukup bagus dan nyata, bisa dilihat dari warna daun padi yang lebih hijau tanah sawah juga gembur dari sebelumnya.”Budidaya organik memang tidak secepat  pupuk kimia, tapi jika ditelaah lebih jauh penggunaan pupuk organik jauh lebih baik dari kimia, tanah menjadi subur, tidak rusak seperti aplikasi pupuk kimia,” ungkap Susilo. “Masalah hanya pada prosesnya tapi untuk menghasilkan  yang terbaik memang diperlukan usaha lebih keras,”tambahnya.

Kegiatan pembinaan diadakan di Saung kelompok tani Jati Mas yang berada ditengah persawaan di daerah  Kampung  Tegal Panjang, Garut. Kegiatan diikuti  15 anggota Poktan Jati Mas. Kelompok Tani Jati Mas berdiri sejak 15 tahun silam, dan anggotanya terdiri dari petani budidaya tanaman hortikultura, beternak kambing dan pembudidaya ikan air tawar. Dengan adanya pembinaan ini diharapkan Kelompok Tani Jati Mas semakin semangat untuk bertani dan beternak agar kesejahteraan para petani bisa lebih baik lagi.*** Ded

Komentar