EM4 Dukung Kampung Percontohan Budidaya Ikan di Villa Kayu, Desa Jati, Garut

Kampung Super Ecosytem eFishery KASef di villa kayu, Desa Jati, Tarogong kaler Garut diresmikan belum lama ini, “Kampung Percontohan Budidaya Ikan dengan bantuan Teknologi”. Teknologi digunakan berupa alat pakan otomatis yang bisa dioperasikan  melalui smartphone.

Teknologi alat pakan otomotif  diterapkan pada kolam budidaya ikan air tawar di kampung ini, mulai kolam sistem ras, bioflok, kolam dengan kincir serta kolam semen.

Kampung Super Ecosytem ini merupakan Program binaan PLN dan eFishery dengan melibatkan 15 pembudidaya ikan di Desa Jati, mereka diberi pembinaan agar mampu mengoperasikan dan melakukan budidaya ikan dengan bantuan teknologi. Teknologi digunakan salah satunya penggunaan smart teknologi melalui pemberian pakan secara otomatis yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Penggunaan ini dapat mengefisienkan waktu dan pakan yang digunakan.

 Founder EFishery, Crisna Aditya mengatakan saat ini pihaknya telah membina 14 orang dengan 33 kolam ikan di Desa Jati melalui program Kasef. Selan itu dukungan juga diberikan kemudahan bagi pembudidaya ikan untuk pembelian pakan, bibit ikan termasuk pemasaraan ikan pembudidaya nanti bisa membeli pakan, benih dan bisa menjual pada marketplace yang sudah kita sediakan," ucapnya.

 Selain alat pakan otomatis, teknologi EM4 terlebih dahulu diaplikasikan di kampung percontohan ini, terutama didalam menjaga kualitas air, untuk kesehatan pencernaan ikan serta penyediaan mikroorganisme baik guna menekan bakteri pathogen di awal pembuatan kolam. Teknologi EM4 ini telah memberikan banyak manfaat  bagi pembudidaya ikan air tawar di kampung ini  

 “Untuk menjaga kualitas air, tiap kolam diberikan Em4 tiap minggu sekali kecuali kolam ras karena air mengalir, selain itu, EM4 digunakan pada pembibisan pakan,” terang Indra Sukmana (41) ketua kelompok Tani dan pemilik eFishery.

 Pembibisan menggunakan EM4 diakui pria asal Garut membawa banyak manfaat, melalui EM4 nutrisi pakan dapat diserap sempurna dan pencernaan sehat sehat, tingkat kematian ikan juga rendah,  ikan budidaya cepat besar .  

 Penerapan alat pakan secara otomatis juga bisa digunakan pada pakan yang telah dibibis, hanya perlu dikeringanginkan selama 5 - 10 menit sebelum pakan dimasukan ke dalam alat pakan otomatis. Kedua teknologi sangat mendukung budidaya ikan air tawar di desa percontohan ini. (DED)

Komentar