Pentingnya EM Dalam Tanah

Tanah yang sehat dan subur selalu dipenuhi oleh mikroorganisme yang jumlahnya mencapai ratusan juta hingga miliaran dalam setiap satu gram tanah, sehingga keberadaannya didominasi oleh bakteri, lalu diikuti actinomycetes, jamur, algae tanah dan protozoa.

“Hal itu hampir sama seperti dalam tubuh manusia yang didominasi oleh microbiome yang terdiri atas bakteri, virus dan jamur yang hidup di bagian-bagian tubuh manusia, paling banyak terdapat di dalam usus,” kata Manajer Pak Oles Green School Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, mikroorganisme Effective Microorganisms 4 (EM4) dan pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi PT. Songgolangit Persada (SLP) yang ditaburkan (diberikan) ke tanah memiliki peran penting dalam mekanisme kelanjutan untuk hidup manusia dan kehidupan di dalam tanah dan di bumi secara keseluruhan.

Dengan demikian mikroorganisme sangat berperan agar tanah menjadi sehat sehingga kualitas kesehatan tanaman meningkat, sekaligus manusia yang mengkonsumsi hasil-hasil pertanian organik menjadi sehat dan bugar, ujar Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Yoyok.

Sementara Supervisor Pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pak Oles Unit Pabrik Bantas, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Kadek Wirawan menambahkan, pupuk Bokashi Kotaku adalah pupuk organik padat yang diproduksi menggunakan teknologi Effective Microorganisms (EM) oleh PT. Songgolangit Persada yang satu-satunya di Indonesia mendapat lisensi EMRO Jepang.

Proses produksi pupuk Bokashi Kotaku berpatokan pada Peraturan Menteri Pertanian RI (Permentan) dan Standar Operating Procedure (SOP). Semua hal itu merupakan acuan dalam melakukan proses pekerjaan yang sudah dibuat oleh staf ahli, mulai dari proses kedatangan bahan baku, pencampuran bahan baku, fermentasi dengan EM4 dan molase serta proses pengayakan, pengcrasheran (mesin) dan pengemasan barang jadi.

Pupuk ramah lingkungan dengan kandungan makro dan mikro yang lengkap, serta mengandung mikroba alami yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah, cocok untuk semua jenis tanaman perkebunan, pertanian dan hortikultura.

Produksi pupuk organik tersebut menggunakan bahan baku dari limbah pertanian, kotoran sapi dan ternak ayam. Keunggulan dan manfaat pupuk organik Bokashi Kotaku untuk meningkatkan keragaman populasi dan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan, mengandung unsur hara makro dan mikro, menekan perkembangan pathogen dan meningkatkan kualitas tanah. Tanah yang berkualitas (sehat dan subur) akan menghasilkan tanaman yang berkualitas pula, tutur Kadek Wirawan. linktr.ee/pakolescom #EM4 #bokashikotaku

Komentar