Ikan Nila Cepat Besar Berkat EM4

Pak Lan merupakan pembudidaya ikan Nila yang berlokasi di Desa Posong, Kecamatan Sawangan Magelang, Jawa Tengah. Selain beternak Sapi dan Kambing, Pak Lan, pria bersahaja ini, memelihara ikan Nila yang ada diempangnya.

Menuru Pak Lan, ikan Nila yang dipeliharanya lebih cepat besar karena pemberian pakan pelet yang sebelumnya telah dibibis dengan Effektive Microorganisme 4 (EM4). Pakan ini rutin diberikan pada pagi hari, siang dan sore hari. “Pembibisan pelet sangat penting guna meningkatkan kualitas pakan sehingga ikan tumbuh menjadi lebih cepat dan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Pemasaran PT. Songgolangit Persada Magelang Sarmo Saputro mengungkapkan dengan aplikasi produk EM4 Perikanan dan Tambak, makanan menjadi bernutrisi dapat mudah dicerna ikan. Dengan aplikasi EM4 pakan mudah diserap, secara otomatis pertumbuhan ikan akan lebih cepat besar,” Ujar Sarmo saat melihat budidaya ikan Nila milik Pak Lan.

Untuk aplikasinya, pembibisan dilakukan dengan cara mencampurkan cairan EM4 pada pelet atau pakan ikan, takarannya 1 tutup botol EM4 di campurkan pada 200 ml air, kemudian disemprotkan pada 1 kilogram pelet, hingga seluruh pelet terkena cairan EM4, kemudian diamkan selama 30 menit.

Setelah itu pakan bisa diberikan pada ikan. Pakan ini dibuat sesuai kebutuhan ikan. “Sebar pakan pada empang secara merata, jika pakan yang diberikan masih tersisa dan ikan sudah tidak merespon, hentikan pemberian pakan, ini tandanya ikan sudah kenyang,” terang Sarmo. linktr.ee/pakolescom #EM4

Komentar