EM4 Tingkatkan Hasil Produksi Cengkeh

Kalau tidak mencoba sendiri memang banyak orang yang tidak percaya dengan teknologi EM4 ini. Seperti dialami mantan Sekda Kabupaten Buleleng, Nengah Rinta (70) di Desa Asah Duren Negara Bali. Pada awalnya,  ia tidak pernah peduli dengan teknologi EM4, karena dalam pikirannya, masa sih penggunaan bakteri bisa menyuburkan tanaman? Namun setelah membuktikan langsung, Nengah sangat yakin 100% bahwa, EM4 mampu meningkatkan produksi perkebunan Cengkehnya.  ‘’Saya terus terang terlambat mengadopsi teknologi yang diusung putra Desa Bengkel, Busung Hiu, Buleleng Bali  ini, kalau dari dulu memakai EM4, sekarang tinggal menikmati hasil perkebunan yang berlimpah,’’katanya.
 
Nengah yang pernah menjadi Camat Busung Hiu  menceritakan, perkebunan cengkeh seluas 4 hektar itu, selalu dipupuk kimia. Di awal-awal masa berbunga, pupuk kimia memberikan hasil yang cukup bagus, namun setelah sekian tahun panen (tahun 1990 – 2000), tahun berikutnya produksi semakin menurun dan selanjutnya  pohon menjadi kering.‘’Saya baru menyadari, untuk  menjaga kesuburan tanah tak hanya sekadar memperhatikan komposisi unsur-unsur kimia di dalam tanah atau yang menjadi nutrisi bagi tanaman. Lebih dari itu, perlu memperhatikan mikroorganisme yang hidup di dalamnya. Makhluk renik ini sangat penting keberadaannya untuk mengolah tanah,’’katanya.
 
Untuk itulah, Nengah memberikan bokashi dan memyemprotkan EM4 setiap dua hari sekali dalam satu bulan. Karena rutin, sekarang tanaman cengkeh sudah kembali normal berbunga dan mulai  meningkatkan produksi. Seperti  dikatakan Kacab PT. Songgolangit Cabang Bali, Ir. Ilham Rasidi, mikroorganisme yang ada di EM4  membantu ’kehidupan’  tanah. Mereka membantu proses pelapukan  materi organik ke dalam tanah. Selain menyuburkan, materi organik memperbaiki komposisi air dan udara di dalam tanah sehingga  tanah memiliki struktur dan tekstur yang baik untuk perakaran tanaman.
 
Menurut Ilham, dalam mengembangkan pertanian organik, tanah adalah bagian penting dari proses budidaya pertanian. Tanah yang sehat dan subur akan menjadi tempat tumbuh ideal bagi tanaman. Agar usaha pertanian bisa berkelanjutan, perlu adanya pengelolaan tanah yang baik. Karena itu, tanah harus subur secara alami dan EM4 menjadi solusi. (A)

Komentar