Bibis Pelet Pabrikan EM4, Nila Cepat Besar dan Sehat

EM4 Perikanan dan Tambak merupakan salah satu probiotik yang dikenal dipasaran. EM4 mampu mempertahankan kualitas lingkungan dengan cara meningkatkan DO sehingga air menjadi bersih. Selain itu, penggunaan EM4 juga diketahui dapat meningkatkan kadar protein dalam pakan.

Berdasarkan refrensi tersebut, Sardiman warga Lenteng Agung Jakarta selatan menggunakan EM4 Perikanan dan tambak pada budidya ikan nila. Hasilnya ikan cepat besar, sehat dan daging ikan padat. EM4 digunakan pada kolam serta pada pakan dengan pembibisan  

Melalui aplikasi EM4, tingkat kematian sangat kecil, terutama saat tebar benih, pelet dibibis  EM4 sebelum diberikan pada ikan, hal tersebut untuk mengurangi resiko kematian. Mengingat, kondisi perut dan pencernaan benih ikan  belum kuat mencerna pakan buatan pabrik yang keras dan kering.

“Oleh karena itu, EM4 kita semprotkan pada pelet, agar pelet empuk atau tidak keras, namun tidak sampai hancur. istilah lainnya adalah lembek namun tidak seperti bubur,’ jelas Sardiman saat ditemui Tim EM forum belum lama ini. Pemberian EM4 pada pakan juga sangat bermanfaat sebagai penambah nutrisi Pakan ikan agar cepat besar

Mantan Rw. 02 Lenteng Agung, Jakrta selatan ini  melakukan budidaya pembesaran Ikan Nila di Karakal Jambu  Luwuk,  Kec. Ciawi, Bogor Jawa Barat. Kolam berukuran kurang lebih 10 m x 14 m, yang dibagi menjadi beberapa kolam sedang dan kecil dengan kedalamam 2 meter .

Ribuan ikan Nila dibesarkan dalam kolam yang dilalui  air dari sumber mata air, Melalui perawatan intesif dan pemberian pakan yang dibibis EM4, dalam jangka waktu empat bulan bibit 50 gram tersebut bisa dipanen ukuran dengan berat rata-rata 400-500 gram. “Untuk mencapai berat ikan tersebut, Pakan diberikan intensif sebanyak 6-7 kali sehari dengan jatah 5% dari bobot tubuh ikan, Pakan  sebelumnya harus dibibis terlebih dahulu dengan  Em4 , ” Jelas Sardiman.  Selain untuk pakan, EM4 juga digunakan mantan Rw 02 Lenteng Agung Jagakarsa ini untuk menjaga kualitas air kolam. (DEDI)

Komentar