EM4 Membuat Strobery Tahan Penyakit

Tak diragukan lagi, setelah menggunakan Teknologi EM4, tanaman stroberi milik Eko Suweno di Jalan Raya Kopeng Salatiga Jawa Tangah lebih subur, tanamannya rajin berbuah, lebih manis, tahan lama dan tidak mudah terserang penyakit. ‘’ Saya sebenarnya sudah banyak mencoba berbagai produk fermentasi berbasis organik tetapi tak sebagus menggunakan teknologi EM4. Ada juga produk yang bagus tetapi harganya tak terjangkau oleh petani,’’ kata Eko.

 Menurut Eko, kawasan Wisata Kopeng Salatiga ini cocok sekali membudidayakan stroberi karena bersuhu antara 17 – 20 C dengan kelembaban udara (RH) 80 – 90 persen dengan curah hujan berkisar antara 600 - 700 mm/tahun sehingga buah stroberi bisa tumbuh subur apalagi dengan menggunakan teknologi EM4. ’’Keunggulan menggunakan teknologi EM4, pernah dibuktikan mahasiswa Universitas Dipenogoro (UNDIP) dengan melakukan penelitian tentang daya tahan stroberi.

Dan hasilnya stroberi yang saya tanam di luas tanah sekitar 3500 M2 ini hasilnya lebih manis dan tahan lama dibandingkan stroberi yang tidak menggunakan teknologi EM4,’’katanya. Sebenarnya, teknologi EM4 tak asing bagi Eko. Pasalnya, ia sudah mempergunakan EM4 sejak tahun 1994 ketika masih bekerja di perkebunan milik pengusaha asal Sukabumi Jawa Barat.’’ Di perkebunan tersebut saya menanam sayuran organik menggunakan teknologi EM4,’’ katanya. Dan sejak tahun 2002, Eko mengembangkan stroberi di tanah kelahirannya, Kopeng dan menjadikan bisnis stroberi sebagai mata pencaharian yang cukup menjanjikan.

’’ Saya membudidayakan tanaman stroberi dengan dua sistem. Pertama sistem medium tanah pot (polybag) dan sistem bedengan atau guludan bermulsa plastik. Untuk menghindari hama, kita menggunakan cara tumpang sari dengan menanam pohon bawang diantara tanaman stroberi,’’ katanya. Sedang untuk pemasarannya, Eko tak repot-repot, pembeli dari Yogyakarta biasanya datang sendiri ke lahan pertaniannya dan memborong hasil perkebunannya dengan harga yang cukup lumayan dan sisinya, dipasarkan diareal tersebut. ‘’Biasanya wisata Kopeng setiap sabtu dan minggu selalu ramai dan banyak wisatawan yang membeli stroberi disini,’’ katanya. (A)

Komentar