KKN PMD UNRAM Desa Darmasari, Adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik

Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik di Desa, Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB.Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari KKN PMD Desa Darmasari. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pupuk organik yang kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatannya oleh mahasiswa KKN-PMD Unram disertai dengan interaksi berupa tanya jawab secara langsung.

tujuan kegiatan ini untuk membantu petani dalam pengelolaan pertanian yang ramah lingkungan dan memanfaatkan bahan yang tersedia. bahan utama pupuk organik yang dibuat menggunakan kotoran ternak, Em4 pertanian, mollases, dan sekam serta bahan tambahan yang digunakan adalah abu.

“Pembuatan pupuk ini dapat dilakukan agar kotoran tidak numpuk dan sia-sia karena memang jika dilihat banyak peternak di sini”, ucap Lalu Husnan afif,Ketua KKN Desa Darmasari.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama petani dan peternak, salah satunya dengan membuat pupuk organik mandiri sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pertanian lokal dan lingkungan sekitar masyarakatmasyarakat.

Link : https://mediaunram.com/kkn-pmd-unram-desa-darmasari-adakan-sosialisasi-dan-pembuatan-pupuk-organik/

Komentar