Di Weru KKN Univet Berbagi Pengetahuan Tentang Fermentasi Pakan

Dhandhun Kusumayudha Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi S1 Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara, mengajak masyarakat peternak di Dukuh Pokakan RT 03 RW 04, Karangtengah, Weru, Sukoharjo untuk belajar dan mempraktikkan pengolahan jerami padi dengan cara fermentasi untuk meningkatkan nilai nutrsinya. DPL KKN ini adalah Ir. Sri Sukaryani, M.Si
Fermentasi merupakan proses yang memanfaatkan mikroba dengan tujuan merubah substrat menjadi produk tertentu seperti yang diharapkan. Definisi pakan fermentasi adalah pakan yang diberi perlakuan dengan penambahan mikro-organisme atau enzim sehingga terjadi perubahan biokimiawi dan selanjutnya akan mengakibatkan perubahan yang signifikan pada pakan. Tujuan pengolahan fermentasi jerami ini dapat meningkatkan nilai nutrisnya, sehingga jika diberikan sebagai pakan akan mampu meningkatkan produktivitas ternak dan sangat berguna pada saat musim kemarau.
“Fermentasi jerami padi mampu meningkatkan PK(Protein Kasar) sebesar 8,79% dan menurunkan kandungan serat kasar menjadi 39,96%. Pengolahan fermentasi ini dilakukan dengan cara mencampurkan bahan yaitu jerami padi, air, EM4(warna coklat) khusus peternakan dan tetes tebu.
Ngadiyo masyarakat yang berkecimpung didunia peternakan sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan ini khususnya dalam masalah pakan yang sering menjadi kendala pada peternakan. “Adanya kegiatan pengolahan jerami padi dengan cara fermentasi, saya mewakili peternak diwilayah sini sangat terbantu dan bisa memperluas wawasan dalam pemberian variasi pakan untuk ternak ”. Terangnya.

Link: https://bingkaimedia.com/di-weru-kkn-univet-berbagi-pengetahuan-tentang-fermentasi-pakan

Komentar