EM4 Diaplikasikan Pada Kolam Ikan Lele Tasnim Fish Pond

Upaya mempertahankan kualitas air kolam di kawasan Hunian Tasnim Fish Pond dilakukan oleh  Dio (34) dan Yusuf (41), puluhan kolam ikan lele ditreatmen menggunakan produk EM4 Perikanan dan Tambak, Hasilnya, ikan lele sehat, cepat besar dan tahan penyakit, Yang lebih mengembirakan kawasan hunian tersebut bebas bau dari kolam lele.  

EM4 adalah singkatan dari Effective Microorganism 4, yang terdiri dari campuran mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan ikan lele. Produk ini tidak hanya digunakan dalam bidang pertanian, tetapi juga menjadi andalan para peternak ikan lele. EM4 memiliki fungsi yang sangat penting dalam budidaya ikan lele.

          Infomasi mengenai Teknologi EM4, diperoleh Dio melalui media sosial facebook, untuk pengaplikasian dituntun melalui pesan messenger medsos tersebut. Termasuk pembibisan pakan dengan EM4.  Hasilnya, budidaya ikan lele berjalan baik dan berhasil, kualitas air terjaga, tingkat kematian ikan rendah, ikan tahan penyakit dan cepat besar.      

Mas Dio dan Pak Yusuf adalah pengelola kolam diperumahan Tasnim Fish Pond beralamat di Tegal Waru, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada 21 kavling, dan tiap unit hunian ini terdapat kolam budidaya ikan dengan luas 100 meter persegi. Kawasan hunian ini berada di dalam Kawasan agrowisata Waru Farm Land.(Dedi)

Komentar