Teknologi EM (Effective Microorganisms) Dikembangkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa

Teknologi EM (Effective Microorganisms) pertama kali dikembangkan oleh Dr. Teruo Higa, seorang profesor Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang pada tahun 1982. EM adalah kultur campuran mikroorganisme menguntungkan dan non-patogen yang dihasilkan melalui proses alami dan tidak disintesis secara kimia atau dimodifikasi secara genetik. 3 kelompok utama mikroorganisme yang terdiri dari EM adalah : Bakteri Asam Laktat, Ragi, dan Fototrofik.
Bakteri asam laktat menghasilkan asam laktat dari gula, sedangkan bakteri fotosintetik dan ragi menghasilkan karbohidrat lainnya.
Asam laktat dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan dan meningkatkan percepatan perombakan bahan-bahan organik. Selain itu, asam laktat dapat menghancurkan bahan-bahan organik seperti lignin dan selulosa, serta memfermentasikan tanpa menimbulkan pengaruh-pengaruh yang merugikan yang diakibatkan oleh bahan-bahan organik yang tidak terurai.
Bakteri asam laktat mempunyai kemampuan untuk menekan pertumbuhan fusarium suatu mikroorganisme yang merugikan, yang menimbulkan penyakit pada lahan-lahan yang terus ditanami. Biasanya pertambahan jumlah populasi fusarium akan melemahkan kondisi tanaman, yang berakibat meningkatkan serangan berbagai penyakit.
Ragi berfungsi untuk menfermentasi bahan organik tanah menjadi senyawa-senyawa organik (dalam bentuk alkohol, gula, dan asam amino) yang siap diserap oleh perakaran tanaman.
Bakteri fotosintetik/bakteri fototrofik berfungsi untuk mengikat nitrogen dari udara bebas, memakan gas-gas beracun dan panas dari hasil proses pembusukan, sehingga polusi di dalam tanah menjadi berkurang. Tanah menjadi sehat dan membentuk zat-zat yang bermanfaat dari sekresi akar-akar tanaman.
Jadi jelas bahwa, EM merupakan mikroorganisme yang saling bersinergi dan memberikan manfaat bagi tanah (agro), membantu manusia dalam budidaya tanaman, dan usaha pertanian dalam arti luas (termasuk peternakan dan perikanan). Teknologi EM (Effective Microorganisms) adalah teknologi yang ramah lingkungan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk Bumi yang Lestari

Komentar