EM4 Wajib Digunakan Pada Awal Pengolahan Lahan

Kang Usep (52) menanam kacang panjang varietas pertiwi dilahan seluas 50 Tombak di Desa Tegal Panjang Jawa Barat. Sebelumnya di lahan tersebut dibudidayakan padi. Dengan perlakuan EM4, lahan bekas tanaman padi subur kembali. Dalam waktu dua bulan ia sudah dapat memetik hasil kacang panjang. Tak tanggung tanggung, sebanyak 2 kwintal kacang panjang dipetik dari awal panen

“Rutin tiap dua kali tanam padi baru tanam tanaman hortikultura, selang seling agar lahan tidak jenuh dan mengurangi hama,” terang Usep.  Untuk mengembalikan kesuburan tanah, Usep mengandalkan pupuk organik, awal sebelum tanam lahan yang sebelumnya ditanami padi  setelah diolah dan dikocor EM4 Aktif. Kemudian lahan ditutup mulsa.  Setelah satu minggu lalu ditanam.

Lubang mulsa dibuat setelah bibit siap ditanam, hal ini untuk menyempurnakan fermentasi dan memperkaya bakteri baik pada lahan.  Pupuk susulan diberikan setelah 2 minggu dan dilanjutkan dengan pemberian pupuk lanjutan tiap minggu sekali dengan cara dikocor.” Bahan kocor terdiri, EM4, dedak, kohe kambing dan molase,”   terang Petani yang tergabung dalam Kelompok Al Barokah ini.

Melalui cara ini tanah subur, kacang panjang menunjukan hasil baik, daun subur hijau buahnya panjang panjang. Bisa dibilang memeiliki kualitas super. Hasil diperoleh dari hasil pengolahan tanah  dengan pupuk organik. ”Tidak mengecewakan hasilnya, saya wajib gunakan EM4 pada awal pengolahan lahan, selain itu saya tidak yakin, “ terang Usep. (ded)

Komentar