Kohe Bernilai Ekonomis Berkat EM4

Beternak kambing dengan EM4 memiliki banyak manfaat selain utk perawatan dan menjaga kesehatan ternak juga dpt mengelola kotorannya menjadi bernilai ekonomis. Seperti yang dilakukan Nurul Huda dari Desa mboto Daleman Kec. Bayan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, menjadikan kohenya usaha sampingan selain ternak kambing itu sendiri.
 
Nah bagaimana kohe ini biar memiliki nilai ekonomi tinggi? Maka dari itu diperlukan proses fermentasi terlebih dahulu dengan EM4. Proses fermentasi ini berfungsi untuk mengurai bahan-bahan organik yang terkandung dalam kotoran kambing tersebut untuk dijadikan sebagai sumber unsur-unsur hara yang stabil dan lebih mudah diserap oleh tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh lebih subur.
 
Pemanfaatan kotoran ternak kambingnya untuk menjadi Bokashi Pupuk Kandang yang dipergunakan untuk memupuk kebun padinya. Selain itu, ia juga menjadikan lahan ternaknya sebagai pusat pengolahan bokashi. ‘’Penggunakan Teknology Effektif Microorganisme (EM4), limbah yang dihasilkan dari kotoran tersebut telah dimanfaatkan untuk membuat bokashi  yang bermanfaat bagi tanaman. Tak hanya itu, dengan teknologi EM4 ini, menjadi solusi pencemaran udara karena bau tak sedap yang dihasilkan dari kotoran ternak,’’katanya.
 
Kandang kambing yang berada di seputar pemukiman ini, sebelumnya banyak dirisaukan penduduk sekitar. Sebab bau limbah yang dihasilkan dari kotoran hewan sangat mengganggu sehingga  Nurul Huda berpikir keras untuk menangani masalah yang dikeluhkan warga tersebut.‘’Sebelumnya, kotoran kambing yang menggunung ini, saya jadikan pupuk kandang dengan cara  alami dan dibiarkan begitu saja. Namun cara ini mengundang bau tak sedap sehingga banyak warga setempat memprotes keberadaan lahan ini,’’katanya. Keuntungan lain menggunakan EM4, pada areal kandang ternak tidak lagi berbau sehingga tidak mengundang lalat untuk datang dan tidak mendapat komplen dari warga sekitar,''jelasnya..

Komentar