Kang Kholil Pakai EM4 Untuk Menyuburkan Media Tanaman

Kios Tanaman Kang Kholil yang terletak di Jl. Tengah raga mukti, perumahan puri sawangan residense, RT05/01, Citayam,Tajur halang, Bogor, tampak tak jauh beda dengan kios tanaman hias lainnya, tertata rapi oleh aneka tanaman hias. Namun, uniknya, kios ini selalu saja ramai didatangi oleh pembeli terutama 'ema-ema' pecinta tanaman hias.  Mereka tertarik oleh tanaman hias milik Kang Kholil -- yang mempunyai penampilan sehat, indah dan sedap dipandang mata -- tetapi karena harganya yang agak 'miring' serta penampilan Kang Kholilnya yang super-super ramah terhadap pembeli.

Namun apa sebenarnya rahasia tanamannya begitu subur? Ternyata kang kholil menggunakan EM4 untuk memfermentasi media tanamannya agar subur. Karena itu, ia merekomendasikan EM4 sebagai salahsatu bahan yang dapat menjaga kesuburan tanaman. Tak dipungkiri keberhasilan Kang Kholil  dalam usaha tanaman hias, tak lepas dari perawatan tanaman, termasuk dalam penggunaan pupuk, EM4 sebagai pupuk cair dan padat (kompos/bokashi)  karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk petani, tukang kebun, peneliti dan orang yang berkecimpung dalam usaha perkebunan lainnya. “Saya sudah lama menggunakan EM4, dan hasilnya, tanaman terlihat seger, daun cerah,  batang kuat. Tanaman juga terlihat menarik, serta rajin berbunga, warnanya juga  menarik,” ujar pria yang murah senyum ini.

EM4 rutin ia berikan pada tanaman hias, melalui penyemprotan berkala seminggu sekali, hasilnya semua jenis tanaman hias tumbuh subur dan rajin berbunga, tidak hanya itu, batang tanaman juga sempurna teksturnya. Semua  jenis monstera, aglonema, calathea, kuping gajah, krokot, oleander, bungur, palem ekor tupai, adenium, euphorbhia, anthurium jermani dan gelombang cinta dan tanaman yang sedang digrandrungi sekarang ini.

Kang Kholil memiliki ratusan jenis tanaman hias yang ditanam di atas lahan depan rumahnya.  Dengan keuletan dan tangan dinginnya, satu bibit tanaman lokal maupun asal luar negeri, bisa ia kembangkan menjadi puluhan tunas baru yang siap meluncur ke pecinta tanaman dengan harga yang sesuai dengan kantong.***

Komentar