UNAS Bina Pertanian Desa Dengan Teknologi EM4

Faperta (Unas) melaksanakan kegiatan bina desa di Desa Wangun jaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi Jawa - Barat. Kegiatan diadakan selama tiga hari (29-31/05) dan melibatkan puluhan warga setempat dari perbagai kalangan antara lain petani, pengusaha, perangkat desa dan pelajar.

kegiatan bina desa kali ini melibatkan belasan mahasiswa pertanian Unas, kegiatan diawali pembekalan materi dan kemudian dilanjutkan praktek pengolahan sampah organik untuk budidaya Maggot dan pembuatan Pupuk organik menggunakan EM4.

EM4 adalah teknologi budidaya pertanian untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanah dan tanaman, dengan menggunakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Teknologi EM4 ditemukan pertama kali oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang.

Peserta cukup antusias dan mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir tanpa rasa lelah, untuk mendukung kemajuan di desa ini, EM4 disumbangkan Faperta Unas kepada warga di desa.  

Peserta Bina Desa sangat berharap bahwa warga setempat termotivasi dan tergerak hatinya untuk melakukan pengolahan limbah dengan sangat bijak. Selain itu pemanfaatan limbah untuk budidaya maggot dan bahan dasar pembuatan pupuk organik juga merupakan langkah yang tepat untuk mendukung pemanfaatan sampah serta peningkatan kesuburan tanah.

Ketua Program Study (Prodi) Agroteknologi Ir. Etty Hesthiati, M.Si yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan. Desa Wangunjaya merupakan desa Binaan dari Prodi Agroteknologi sejak tahun 2020 silam. Perkembangan desa ini cukup baik dengan komoditi unggulan tanaman pisang dan ubi kayu serta petenakan domba dan sapi.(dedoy)

Komentar