EM4 Fungsinya Sangat Penting Bagi Budidaya Ikan Nila

Siapa tak kenal EM4, setiap pembudidaya pasti kenal probiotik yang satu ini karena fungsinya yang sangat penting dalam menjaga kualitas air. Diantaranya adalah dapat meningkatkan pertahanan tubuh ikan sehingga mengurangi pengunaan antibiotik, meningkatkan pertumbuhan dan size ikan, meningkatkan imunostimulan serta efisiensi energi dan pengelolaan kualitas air “ Tak hanya itu, penggunaan EM4 dapat memfermentasi sisa pakan, kotoran, pada dasar kolam serta menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfide (H2S) sehingga dapat meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih dan tidak diperlukan penggantian air berulangulang,’’kata Munadi yang tinggal di kelurahan Lenteng Agung Jakarta selatan.

Yang jelas, dengan teknologi EM4 dapat mempertahankan kualitas lingkungan biota air dan aman serta ramah lingkungan. Bagi Munadi, menggunakan EM4 perikanan pada budidaya ikan nila sangat tepat, ikan  terlihat sehat dan cepat besar, tidak sampai 6 bulan nila sudah bisa dipanen.

Walau hanya sekedar hobi, sehari-hari Munadi merawat ikan-ikan nila  yang ada dikolam yang terletak diatas rumahnya. Menurutnya Ikan nilanya cepat besar karena pemberian pakan pelet yang sebelumnya telah dibibis EM4. Pakan ini rutin diberikan pada pagi, siang dan sore hari. Menurut Munadi, Pembibisan pelet sangat penting guna meningkatkan kualitas pakan. Dengan aplikasi EM4, makanan bernutrisi dapat mudah dicerna ikan, sehingga pakan mudah diserap dan digunakan untuk pertumbuhan. ” Dengan cara ini, selain sehat, pertumbuhan ikan lebih cepat, “ Ujar Munadi

Komentar