Dengan EM4 Tanaman Tomat Tak Mudah Terserang Penyakit.

Keunggulan budidaya tomat dengan EM4 adalah daunnya lebih lebar, warna daunnya lebih hijau dan segar dan tahan terhadap penyakit, serta terbebas dari busuk buah. Sedang tanaman tomat yang siap panen, kulit buah berubah dari warna hijau menjadi kekuning-kuningan, bagian tepi daun tua mengering, batang menguning, dan buah-tomat besar dan segar. Ini dikatakan Haji Kodir ketika ditemui media ini di lDesa Jati Kampung Buleud, Tarogong Kaler Garut Jawa Barat.

Setidaknya ini yang dialami Haji Kodir yang sehariannya dipanggil Pak Ajum. Memang sejak Ajum menggunakan EM4 untuk tomat hasilnya cukup menggembirakan. Tomatnya lebih segar dan besar-besar. Beberapa petani sejenis juga mulai tertarik dengan teknologi EM4 karena mudah penggunaannya serta harganya murah. Dan tak mudah terserang penyakit.

Perlakukan EM4 biasanya dipergunakan Ajum untuk media tanam dengan membuat kompos/Bokashi. Dengan bahan yang banyak terdapat dilahan termasuk kotoran sapi. Ajun membuat Bokashi langsung dilahan sehingga tidak begitu menepotkan dan memakan biaya tenaga kerja. setelah itu lahan siap ditanam. dan selanjutnya setiap seminggu sekali lahan yang sudah ditanami tomat itu disemprot dengan pupuk organik cair EM4.***

Komentar