Pengolahan Sampah TPS- 3R KSM Darma Winangun Bali Gunakan EM4

Kali ini kunjungan dari Team EM4 Indonesia ke Sistem Penanganan Pengolahan Sampah TPS- 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) - DARMA WINANGUN yang berlokasi di Desa Tangkas, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung, Provinsi Bali. Berdasarkan informasi yang diperoleh dilapangan, pada saat sampah diturunkan dari kendaraan selanjutnya dilakukan penyemprotan aktivator EM4 (Effective Microorganisms-4) yang bermanfaat untuk mengurangi bau sampah, mengurangi lalat dan mempercepat proses menjadi pupuk organik kompos. Hal ini dikarenakan EM4 merupakan mikroorganisme (bakteri) pengurai yang dapat membantu dalam pembusukan sampah organik (Maman Suparman, 1994).
Tahap selanjutnya adalah dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik selanjutnya akan menjadi pupuk organik yang memberikan nilai tambah sehingga bermanfaat bagi kesuburan tanah, tanaman, kesejahteraan petani dan masyarakat yang ramah lingkungan.EM4 dapat ditambahkan dalam pengomposan sampah organik, karena ia dapat mempercepat proses pengomposan. EM4 diaplikasikan sebagai inokulan untuk meningkatkan keragaman dan pupulasi microorganisms di dalam tanah dan tanaman. Selain itu EM4 dapat digunakan untuk mempercepat dekomposisi sampah organik juga dapat meningkatkan pertumbuhan serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman (Indriani, 2007).
Dengan demikian EM4 Pengolahan Limbah sudah tepat digunakan pada proses di TPS-3R karena dapat mempercepat proses penguraian limbah organik cair maupun padat, menekan bau yang tidak sedap (H2S dan NH3), menurunkan kadar BOD dan COD, menekan perkembangan mikroorganisme pathogen dan dapat digunakan untuk mendaur ulang limbah organik menjadi kompos atau pupuk bokashi.***Yoyo

Komentar