EM Produk Ramah Lingkungan Gabungkan Mikroorganisme Menguntungkan

Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University of The Ryukyus Okinawa, Jepang menciptakan Effective Microorganisms (EM) pada tahun 1980 adalah produk  ramah lingkungan dari EMRO EM Research Organization (EMRO) yang mencapai efek sinergis dengan menggabungkan mikroorganisme menguntungkan yang ada di alam.

“Saat ini lebih dari 100 negara di seluruh dunia menggunakan EM dalam berbagai bidang yakni pertanian, peternakan, perikanan, lingkungan, industri dan kesehatan,” tutur Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia menjelaskan EM4 bidang pertanian yakni untuk pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Mikroorganisme fermentasi bahan organik tanah, membantu menyuburkan dan meningkatkan produksi tanaman serta menyehatkan tanah.

EM4 dapat diaplikasikan untuk pembuatan pupuk organik bokashi padat, membuat  pupuk organik bokashi cair. Untuk pembuatan Fermented Plant Ekstrak (FPE) yakni ekstrak tanaman obat atau pestisida organik.

Sementara EM4 di bidang peternakan bermanfaat sebagai Feed Additive atau zat tambahan pakan yang berfungsi sebagai pemacu pertumbuhan ternak dan efisiensi penggunaan pakan. Penggunaan EM4 pada budidaya peternakan dapat diaplikasikan  pada air  minum, pakan ternak, sanitasi kandang/mencegah bau, pembuatan jamu ternak dan pembuatan pakan alami.

Sedangkan EM4 di bidang perikanan dan tambak bermanfaat untuk memperbaiki mutu air, menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat, menekan mikroorganisme patogen 4, membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, serta menekan hama dan penyakit  dalam tambak. EM4 Pelopor Pertanian Organik.  linktr.ee/pakolescom

Komentar