Pertanian Organik (13) Menggunakan EM Untuk Peternakan

Oleh: Dr. Gede Ngurah Wididana *)

Usaha peternakan bisa merupakan sekedar hobi, bisnis kecil atau bisnis besar, tergantung dari tujuannya. Bisnis peternakan yang besar atau kecil berawal dari hobi, dari cinta peternak pada peternakan.

Mereka mulai dari kecil, menikmati proses tumbuh dan berkembangnya ternak yang dipelihara. Apakah untuk tujuan produksi telur, dagingnya, atau untuk hewan hias dan kesayangan seperti kucing, anjing dan burung.

Masalah utama yang dihadapi dalam bisnis peternakan adalah bau dari kotoran ternak. Setiap hari ternak tersebut makan, minum dan membuang kotorannya di kandang ternak, dan harus dioloh limbahnya agar tidak semakin bau. Kotoran ternak babi dan sapi harus ditampung dalam bak penampungan, dipisahkan tempatnya antara kotoran padat dan cairnya.

Penggunaan EM untuk ternak babi dan sapi sangat penting, untuk tujuan mengurangi bau tidak sedap pada limbahnya. Penggunaan EM untuk minum, mandi dan membersihkan kandang sangat baik untuk tujuan mengurangi bau, mengurangi lalat, menyehatkan perut atau usus ternak, sehingga ternaknya sehat dan tidak setres, pertumbuhannya bagus.

Penggunaan EM untuk ternak yang sedikit menggunakan air seperti penggemukan sapi dalam kandang bersama, yang kotorannya menyatu dengan alas kandangnya berupa serbuk gergaji kayu.

Demikian juga peternakan ayam pedaging dalam kandang bersama, yang kotorannya menyatu dengan alas kandangnya berupa sekam padi serta peternakan ayam petelor dan kambing yang kotorannya jatuh menumpuk di bawah kandang, maka penggunaan EM untuk diminum oleh ternak, yang dicampurkan ke dalam air minum sangat penting untuk  mengurangi bau, menyehatkan ternak.

EM dapat memfermentasi kotoran ternak dan limbah cairnya, sehingga mengurangi atau tidak berbau, mengurangi panas dan menekan pertumbuhan mikroorganisme patogen atau penyakit dalam limbah, sehingga limbah ternak bisa dijadikan pupuk organik (cair dan padat) fermentasi.

Penggunaan EM pada peternakan mendapatkan keuntungan berupa: ternak sehat, lingkungan bersih, dan pendapatan dari pupuk organik yang bisa digunakan untuk pertanian organik. (bersambung)

.*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group. linktr.ee/pakolescom

Komentar