EM4 Tingkatkan Kualitas Pakan Bawal

Pilihan Apink (75) menggunakan EM4 perikanan pada budidaya ikan bawal sangat tepat, ikan bawal terlihat sehat dan cepat besar, tidak sampai 6 bulan bawal sudah bisa dipanen dengan berat bawal mencapai lebih 500gram.  Tiga kali panen, ia sudah balik modal,daging ikan bawal yang lezat, menjadikan  ikan ini banyak dicari dan disukai banyak orang. “ Tidak sulit menjualnya, banyak yang menampung harganya juga cukup tinggi, ”ujar bapak empat anak ini.

Apink merupakan peternak ikan bawal yang berada di Kampung Sukajadi, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Bogor, Jawa Barat. Sehari-hari Apin merawat ikan-ikan bawal yang ada diempangnya.Ikan bawal cepat besar diperoleh dari pemberian pakan pelet yang sebelumnya telah dibibis EM4. Pakan ini rutin diberikan pada pagi, siang dan sore hari. Menurut Apink, Pembibisan pelet sangat penting guna meningkatkan kualitas pakan. Dengan aplikasi EM4, makanan bernutrisi dapat mudah dicerna ikan, sehingga pakan mudah diserap dan digunakan untuk pertumbuhan. ” Dengan cara ini, selain sehat, pertumbuhan ikan lebih cepat, “ Ujar  Apink.

Pembibisan dilakukan dengan cara mencampurkan cairan EM4 pada pelet, takarannya1 tutup botol EM4 di campurkan pada 200ml air, kemudian disemprotkan pada 1 kilogram pelet, hingga seluruh pelet terkena cairan EM4, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu pakan bisa diberikan pada ikan. Pakan ini dibuat sesuai kebutuhan ikan. “Sebar pakan pada empang secara merata, jika pakan yang diberikan masih tersisah dan ikan sudah tidak merespon, hentikan pemberian pakan, ini tandanya ikan sudah kenyang,” terang Apink.

Pakan hijauan berupa daun papaya juga diberikan Apink untuk menambah nafsu makan dan kesehatan. Sementara untuk menjaga kualitas air, EM4 diberikan pada air empang. Usaha pembesaran ikan bawal menurut apink tidak lah terlalu sulit, modalnyapun relatip kecil, ia mendapat keuntungan bersih Rp.1 juta. setiap 4 bulan sekali ari empang yang luasnya tidak lebih dari 100 meter persegi.   “Perkilo saya jual Rp. 25 rebu rupiah, tiap 4 bulan bisa hampir satu juta dari empang”terangnya. Beliau juga mengingatkan, selain ketekunan dan ketelatenan, keberhasilan pembesaran ikan bawal  dipengaruhi oleh pemilihan bibit ikan yang berkualitas. (DEDI)    

Komentar