EM4 Pengaruhi Keberhasilan Budidaya Anggur

Budidaya anggur menggunakan teknologi EM4 bertujuan meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanah dan memberikan nutrisi bagi tanaman anggur tersebut, dengan menggunakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu budidaya, baik budidaya tanaman holtikultura maupun tanaman buah. Salah satu faktor yang memiliki peran sangat penting adalah kegiatan pemeliharaan dan perawatan. Tidak terkecuali dalam budidaya anggur, agar mendapatkan hasil maksimal diperlukan teknik pemeliharaan dan perawatan yang tepat.

Kegiatan pemeliharaan dan perawatan tanaman anggur meliputi ; penyiraman, pemupukan, penggemburan tanah dan pemangkasan. Meskipun habitat asli tanaman anggur adalah lahan kering dengan suhu tinggi, penyiraman secara rutin harus dilakukan. Seperti tanaman pada umumya, selain kebutuhan air tanaman anggur juga membutuhkan nutrisi untuk kelangsungan hidupnya. Bagaimana Peran EM4 bagi tanaman anggur? Sebagai diketahui EM4 merupakan kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan yang berasal dari alam Indonesia, bermanfaat bagi kesuburan tanah, pertumbuhanan dan produksi tanaman serta ramah lingkungan. EM4 mengandung mikroorganisme fermentasi dan sintetik yang terdiri dari bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp), Bakteri Fotosentetik (Rhodopseudomonas Sp),Actinomycetes Sp, Streptomyces SP dan Yeast (ragi) dan Jamur pengurai selulose, untuk memfermentasi bahan organik tanah menjadi senyawa organik yang mudah diserap oleh akar tanaman.

Untuk pemupukan tanaman Anggur teknologi EM4 sangat berperan bisa menggunakan pupuk padat bisa juga menggunakan pupuk cair. Cara membuat Bokashi padat adalah : 1. Larutkan EM4 dan Molas kedalam air dengan dosis 1-10 cc perliter air 2. Campur bahan-bahan Bokashi(jeramI, pupuk kandang, serbuk gergaji, dll) tersebut secara merata 3. Siramkan larutan EM4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30% (bila adonan dikepal dengan tangan, air tidak akan keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas kembali maka adonan akan megar). 4. Adonan digundukkan di atas ubin kering dengan ketinggian 15- 20 cm, kemudian ditutup dengan karung goni selama 3-4 hari 5. Periksa suhu setiap hari, pertahankan . suhu gundukan adonan 40- 500C. Jika suhu lebih dari 500C, bukalah karung penutup dan gundukan dibalik-balik agar suhunya turun mendekati suhu 40-500C, kemudian ditutup kembali.

Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan Bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam sekali. 6. Setelah 4-7 hari, Bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk organik. Pupuk organic (Bokashi) tebarkan ke lahan sebanyak 3-5 ton/ ha pada saat pengolahan lahan. EM4 juga bias digunakan dalam perendaman stek bibit anggur. Caranya Stek tanaman anggur direndam dalam larutan EM4 per 1 liter air (5 - 10 cc) batang bagian bawah selama 4 -8 jam, kemudian batang stek ditanam di dalam tanah atau di dalam pot yang sudah disediakan. Waktu penanaman benih ditanam dalam lubang, kemudian disiram dengan EM4 dengan dosis 5- 10 cc per liter air. Untuk pemeliharaan seminggu setelah tanam, semprotkan EM-4 dengan dosis 1-2 liter/ha, yang dilarutkan dalam air 100 – 200 liter setiap 1-2 minggu sekali pada tanah dan tubuh tanaman.

Untuk budidaya anggur organik jangan mencampurkan larutan EM4 dengan bahan-bahan kimia seperti pupuk Urea maupun pestisida kimia. Jika menggunakan pupuk kimia, selang waktu penyemprotan/ penyiraman larutan EM4 dengan penggunaan pupuk kimia atau pestisida sebaiknya 1 (satu ) minggu.Sprayer yang digunakan untuk penyiraman/penyemprotan harus bebas dari kimia dan pestisida. Untuk menghalau hama sebaiknya menggunakan pestisida organik pada tanaman anggur. Air yang digunakan untuk melarutkan EM4 adalah air tanah/sumur, jangan menggunakan air ledeng. Jika tersedia sebaiknya larutan EM-4 ditambah dengan Air Cucian Beras Pertama atau Air Kelapa Tua untuk penyemprotan. Dengan teknologi EM4 ini keberhasilan budidaya anggur dapat terwujud. Tunggu apalagi pakai saja EM4.***

Komentar