Peternak Mas Koki Nyaman Pakai EM4

Ikan mas koki berjenis mas koki bali, yang sulit di ternakan ternyata dengan menggunakan teknologi EM4, bisa dikembangkan dengan baik. Pasalnya, dengan menggunakan EM4 untuk campuran pakan ikan asal Cina ini bisa hidup nyaman dan jarang sekali terkena penyakit. ‘’EM4 Perikanan memang cocok dalam budidaya ikan termasuk ikan hias dalam akuarium. Karena salahsatu fungsi EM itu untuk meningkatkan oksigen terlarut dalam air sehingga tidak diperlukan pergantin air berulang-ulang,’’ demikian dikatakan Ketut Riksa seorang aktifis lingkungan yang memiliki usaha ikan hias berjenis mas koki Bali.

 Menurut Riksa, yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kondisi lingkungan ternak ikan yang terjaga. Dengan air yang baik maka kelangsungan hidup ikan mas koki lebih terjamin. Air yang digunakan untuk ternak ikan tidak boleh mengandung zat berbahaya ataupun bahan kimia yang bisa mengganggu kelangsungan hidup ikan. Ikan maskoki memiliki nama latin “ carrasius auratus “. Menurut beberapa literatur, sejarah Mas Koki Bali, pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada masa Dinasti Sung tahun 960-1729. Awalnya bentuk maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya.

Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik. Sedangkan ikan maskoki masuk ke bali pada masa pemerintahan Raja Sri Aji Jaya Pangus. Pada saat itu terdamparlah perahu asing saudagar besar keluarga Kang dari Cina dengan putrinya yang cantik bernama Kang Cing Wie. Keluarga Kang beserta anak buahnya menghadap Raja Sri Aji Jaya Pangus, dimana Sang Raja jatuh hati dengan putrid Kang Cing Wie. Maka terjadilah perkawinan antara Raja dengan sang putri. Untuk menjaga hubungan baik antara Cina dan kerajaan di Bali, maka di hadiahkan ikan maskoki yang sangat unik kepada Raja. Sehingga di kenal dengan nama Ikan Maskoki Bali. Sedang ciri-ciri ikan maskoki bali adalah Bentuk badan bulat telur, mata telesimetris, panjang sirip ekor melebihi panjang tubuh ikan maskoki. Sirip ( dada , perut , anus , dan punggung ) biasanya lebih panjang dibandingkan ikan maskoki lainnya. Ikan yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan ini dapat betahan hidup selama belasan tahun sehingga bisa dijadikan teman setia bagi penghobinya.

Dibandingkan dengan makoki lainnya, perawatan ikan maskoki bali sendiri tergolong mudah karena ikan maskoki bali dapat hidup tanpa menggunakan aerator sehingga hanya mengandalkan kandungan oksigen dalam air yang jernih. Tak hanya untuk aplikasi untuk ikan maskoki saja tapi mantan Kasi Statistik Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Bali dan Mantan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bangli ini, menggunakan EM4 untuk memandikan hewan peliharaan seperti ayam, burung, kucing, anjing, kelinci. ‘’Di rumah saya juga pergunakan untuk mencuci pakaian, mencuci perabotan, mengepel lantai, mencuci beras, membersihkan sofa, karpet untuk menjaga rumah agar bersih dan sehat,’’katanya.

Memang jebolan Universitas Udayana ini, ingin membiasakan hidup sehat dengan anggota keluarganya terutama kepada cucunya. Pengenalan EM4 memang baik sekali dari usia kecil dengan kebiasaan penggunakan EM4 tentunya akan berlanjut hingga ia dewasa. ‘’Anda boleh buktikan sendiri, rumah kami yang berada di Krobokan, Badung Denpsar Bali ini, tidak tercium bau busuk, waktu kami membuka flatfon rumah ada bangkai tikus mati, tetapi kami tidak pernah mencium bau busuk, ini membuktikan pekaranan rumah kami bebas dari bakteri merugikan seperti phathogen. Begitu juga dengan kandang ayam aduan peliharaan saya, ada 100 ekor berjenis sweater roundhead, white clarret, Black Bonanza,lensi, kleret Philipine dan lain-lain, semuanya sehat dan unggul karena selalu sehat dan tidak berbau kotorannya. Dengan menggunakan EM, tak perlu repot-repot membuang sampah rumah tangga karena, sampah rumah tangga bisa dimanfaatkan untuk pupuk hayati yang sangat bermanfaat untuk tanaman. Dan kalau dipergunakan untuk memupuk sayuran atau buah-buahan, maka buah atau sayuran yang dikonsumsi merupakan sayuran organik yang sangat sehat untuk manusia. ‘’Ini juga rahasia jika kita ingin panjang umur, dengan seringnya kita makan yang sehat dan segar kita akan mendapatkan energi hidup, berbeda dengan makanan yang diawetkan,’’kata pria yang suka mengendarai mobil tua sendiri.***

Komentar